Profil Sirkuit Mandalika

Bagi Sahabat Muda Bersahaja yang belum mengetahui sejarah Sirkuit Mandalika, Anda sudah tepat berada disini. Yuk kita simak informasi berikut ini.

Sirkuit Mandalika berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memiliki sejarah yang menarik dalam perjalanannya menuju pembangunan dan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP. Beberapa catatan sejarah Sirkuit Mandalika yang berhasil kami dapatkan sebagai berikut :

(sumber : https://cdn-5.motorsport.com/)

1. Rencana Awal (Tahun 2017)

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memulai proyek pengembangan Mandalika sebagai destinasi pariwisata yang unggul. Salah satu komponen proyek ini adalah pembangunan sirkuit balap untuk menggelar ajang balap motor internasional.

2. Kesepakatan dengan Dorna Sports (Tahun 2018)

Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Dorna Sports, pemegang hak komersial MotoGP, untuk menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika mulai tahun 2021. Kesepakatan ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan pembangunan sirkuit.

3. Proses Perencanaan dan Perancangan (Tahun 2019 )

Proses perencanaan dan perancangan sirkuit dimulai. Beberapa perusahaan konsultan terkemuka, termasuk Tilke Engineers & Architects, yang juga terlibat dalam perancangan sirkuit Formula 1 terkenal, diberdayakan untuk merancang sirkuit dengan mempertimbangkan standar keselamatan dan persyaratan balapan MotoGP.

4. Konstruksi (Tahun 2020)

Konstruksi sirkuit dimulai di Mandalika. Fokus utama adalah mempersiapkan jalan dan infrastruktur yang diperlukan untuk membangun sirkuit sesuai dengan rencana dan spesifikasi yang ditetapkan.

5. Penyelesaian Sirkuit (Tahun 2021)

Pada tahun 2021, konstruksi Sirkuit Mandalika sebagian besar selesai, dan persiapan akhir dilakukan untuk menggelar balapan perdana MotoGP di sirkuit tersebut. Proses inspeksi dilakukan oleh FIM dan Dorna Sports untuk memastikan bahwa sirkuit memenuhi persyaratan keselamatan dan standar balapan.


6. Penundaan Penyelenggaraan MotoGP (Tahun 2021)

Meskipun Sirkuit Mandalika sudah siap, penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada tahun 2021 harus ditunda akibat situasi pandemi COVID-19 yang terus berlangsung. Penundaan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kesehatan semua pihak terkait.



7. Perlombaan Perdana MotoGP (Tahun 2022)

Pada hari Minggu 20/3/2022 menjadi jadwal resmi penyelenggaraan MotoGP. Perlombaan diikuti 23 pebalap. Antusiasme Fans MotoGP sangat luar biasa pada sirkuit baru ini. Diperkirakan dihadiri  sebanyak 60 ribu penonton. Pebalap asal Portugal Miguel Oliviera dengan motor Red Bull KTM berhasil memenangkan seri tersebut. Di urutan kedua, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan ketiga, Johann Zarco (Pramac Racing Team).

Tidak hanya MotoGP, pagelaran lainnya di tanggal yang sama juga diadakan perlombaan Asia Talent Cup (ATC), Moto2 dan Moto3.



Profil Sirkuit Mandalika Profil Sirkuit Mandalika Reviewed by Soezack on Sabtu, Juni 24, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Southgate Residence By Sinarmasland

Diberdayakan oleh Blogger.