Setelah Lulus kuliah mau dibawa kemana?

Sekedar sharing kepada rekan-rekan,mengenai pentingnya meng-create rencana beberapa tahun ke depan setelah menjalani kuliah. Postingan ini saya buat dimaksudkan kepada calon atau mahasiswa yang telah memilih jurusan yang diinginkan dan sudah memiliki "Sedikit Gambaran" mengenai arah dan tujuan setelah menyelesaikan masa studinya.
"Sedikit gambaran tadi alangkah baiknya untuk dipertegas dan diperjelas. Segera susun dalam sebuah catatan kecil langkah-langkah apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tjuan tersebut.


Dengan kata lain bila kita sudah memiliki visi tentu dari visi tersebut mulai kita buat misi-misi yang konkret mencapainya.
Untuk pembahasan postingan ini, saya membagi menjadi 2 kriteria yakni :

1. Setelah lulus kuliah bekerja di perusahaan tertentu.
Beberapa masukan dari saya mengenai langkah konkretnya sebagai berikut,
- Fokus dengan jurusan kuliah yang telah dipilih,spesialisasi SDM semakin diperjelas.
- Mencari informasi perusahaan-perusahaan yang menjadi incaran atau tujuan.
- Ikuti bimbingan dan tes TOEFL/TOEIC (beberapa perusahaan baik BUMN atau Swasta meminta nilai TOEFL/TOEIC dan sekalian belajar conversation.
- Ikuti les bahasa asing yang lain untuk menambah penilaian (+) ketika mengikuti tes lowongan kerja.
- Mulai beli buku tentang psikotest atau cari secara online.
- Sharing dengan alumni-alumni yang telah bekerja di suatu perusahaan.


2. Setelah lulus kuliah berwirausaha (membuka usaha/jasa
Beberapa masukan yang dapat saya berikan untuk poin kedua ini diantaranya,
- Lebih peka/cermat terhadap keinginan pasar dan hal-hal yang terkait dengan tren makanan/minuman atau usaha lain yang menurut anda cocok dikembangkan.
- Update informasi anda tentang trik berwirausaha yang akan anda jalankan.
- Penyediaan modal ;baik uang,tempat usaha,keahlian tertentu semakin diasah,dlsb. tambahan untu usaha online mungkin anda mulai dari sekarang merancang website semenarik dan sejelas mungkin (Paling utama untuk anda persiapkan).
- Mulai cari lokasi usaha yang strategis.

Mungkin banyak lagi misi-misi yang dapat anda tambahkan,yang terpenting semakin banyak misi yang akan anda lakukan maka semakin jelas pula pencapaian visi anda. Semoga wawasan anda semakin terbuka dan dengan segera menentukan dengan jelas arah masa depan yang ingin dicapai..sukses buat kita semua :)

Share this :

Previous
Next Post »
235 Komentar
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 235   Newer›   Newest»
avatar

kalo ada jalan untuk kuliah silahkan ambil jalan itu,... itu saran saya.

Balas
avatar

oke mas..setelah kuliah s2 atau s3 terselesaikan konkretnya seperti apa mas?

Balas
avatar

enak langsung kerja/buka usaha sendri untuk membahagiakan ke 2 ortu kita.. :)

Balas
avatar

salam kenal ..
blognya mantapp . boleh donk berkunjung ke blog ku ..

thanks :)

Balas
avatar

blognya keren sekali , boleh lah kita tukeran link..

makasih

Balas
avatar

salam kenal braderr.. blognya mantapp uyyy ...
kunjungan balik yah :)

Balas
avatar

makasi y rekan2 yang udah berkunjung..
mari tukeran link dan tetap semangat untuk budayakan menulis y :)

Balas
avatar

Setelah lulus kuliah kita harus mengamalkan ilmu yang sudah kita pelajari di bangku kuliah

Balas
avatar

kenapa di negeri kita ini rata- rata setelah lulus orang-2 pada mencari pekerjaan bukannya jadi pebisnis!?

paling tidak mulailah dari Internet..

Balas
avatar

jadilah pemimpin. . .
Jngan jadi bawahan. . .
Tpi rata2 org indonesia kuliah untk jdi bwahan. .
Sungguh sangat tragiz. .

Balas
avatar

emz pngent'y mempunyai pkerjaan yg layak dan mnjdi orang yg skss dan berhasil......
v zaman krg selalu di persulit ya dlm mncri mncri pkerjaan wlpn lulusan kuliah jg..

Balas
avatar

setelah lulus kuliah masih mikir. tentunya terbaik dan gak ngerepotin orang tua. :P

Balas
avatar

sapa yang ga mau punya kerjaan ,,,tapi zaman sekarang nyari kerja tuh susah banget,,,kebanyakan lulusan kuliah malah jadi pengangguran,,,

Balas
avatar

smoga yang udah lulus kuliah bisa langsung dapet kerja atau pun klo jadi pengusaha moga jadi yang sukses,,,

Balas
avatar

mungkin setelah lulus kuliah bisa langsung kerja/nikah...

hehe

Balas
avatar

ya kalau sudah lulus..
antara kerja atau nikah dlu..

hehhe

Balas
avatar

klo lebih bagus setelah kuliah mencari pekerjaan yang lebih baik.mengamalkan semua pengethuan selama mengenyam pendidikan.

Balas
avatar

jika ada modal mendingan buka usaha sj, dengan begitu sudah membantu menciptakan lapangan kerja. Peecayalah, selalu berada di ujung telunjuk orang lain itu gak enak lho...

Balas
avatar

setelah lulus kuliah mau cari kerja lah...
masa mau nikah,,,wkwkwkwk

Balas
avatar

nah tips yang bagus nich....
jangan sampai kita lulus kuliah malah nganggur,,,

Balas
avatar

yapz,, betul banget setelah lulus kuliah kita harus bener-bener punya rencana yang matang untuk kedepannya akan seperti apa,,,

Balas
avatar

thanks,,,
tips yang sangat menarik dan bermanfaat nich ...

Balas
avatar

wah pertanyaan tersebut mengingatkanku pada waktu aku baru lulus sma...artikel yang berkesan bagi saya ...terimakasih dan salam kenal serta semoga anda sukses selalu amin...

Balas
avatar

ya kalau sudah lulus kuliah kerja dulu,,
baru nikah..
atau sebalik nya,
hhaa

aplgi buat para CWe...

Balas
avatar

mending sih kerja dulu,,,

Balas
avatar

BATIK TULIS MADURA Jual Batik Tulis Asli Madura kualitas no.1 di Surabaya

Numpang Iklan ya mas, please

Balas
avatar

ya mau kerja lah,, msa mau nikah,,hahaha...

Balas
avatar

jaman sekarang, banyak yang kuliah di bidang tertentu, tapi jatuh-jatuhnya kerja di bidang yang berbeda, contohnya marketing asuransi :D

Balas
avatar

moga bisa cepet dapat kerjaan ya,,,trus semangat untuk meraih cita cita yang kamu harapkan,,

Balas
avatar

langsung kerja aja kalu gak buka usaha pa ke Gtu...

Balas
avatar

mau bhagiain orang tua dlu, bkin mereka bangga . :D

Balas
avatar

pastinya nyari kerja dlu donk. meraih cita2, berkarir, dan menikah. hehehe

Balas
avatar

lebih bagus nyari modal dlu buat masa depan.

Balas
avatar

tipsnya menarik nih gan. mksi sharenya,

Balas
avatar

kalo saya sii pengen kerja d instansi pemerintahan,,, hehehehe...

Balas
avatar

kmna y??
masih bingung eumz....
kumha rezeki w ahh,,hehehe

Balas
avatar

y penegnnya sii kerja....
low gx berwirausaha... gtu dah...

Balas
avatar

kebanyakan memang begitu sich gan, tapi tetap semangat dach.

Balas
avatar

Kalu emang pnya modal mendingan bangun usaha kecil2 aja ,kaya buka warnet trus PS...
:)

Balas
avatar

pengen nya s buka usaha sendiri,,, v tu juga low ada modal,,, kmu dri?

Balas
avatar

dibawa kepelaminan aja deh .
heu

Balas
avatar

terima kasih mas dan mbak yang sudah mau berikan komentarnya :)
apapun pilihannya mesti sesuai dengan hati..selanjutnya akan coba buat tulisan sambungan mengenai hal ini

Balas
avatar

tipsnya bgus bgt nih. jadi bahan masukan juga bwat yang susah nentuin pilihan

Balas
avatar

ikutin kata hati anda saja kawan..dari pada nanti ya salah pilahan...
salam kenal y kawan

Balas
avatar

Tapi cukup membingungkan juga gan, q smpe sekarang tetep 1 yg paling ditakutkan bagi saya. yaitu menganggur.

Balas
avatar

ypz bner ikut'n kta hati z, yg penting punya rencana bwt ke depan'y, mo kuliah or kerja jg,,,

Balas
avatar

pngen'y sii saya pngen kuliah g v smbl kerja,, bgtu,,,

Balas
avatar

Hello there friend, I have to assert kudos when it comes to blogging an incredibly quality post, basically can certainly help others in many options.

Balas
avatar

Thanks for sharing. I hope it will be helpful to many people that are searching for this topic. Keep posting guys and keep this forum a great place to learn things.

Balas
avatar

emz bingung jg ya,,
v pengent'y kuliah sambil kerja z,,

Balas
avatar

emz gx tahu nih masih bingung jg,,
harus di pkir" dlu...

Balas
avatar

salam kenal..ikutan sharing ya.kul sambil kerja aja jd selesai kul dah pny pengalaman n bisa cari kerjaan yg lbh baik atu wiraswasta aja, penghasilan tak terbatas

Balas
avatar

emang bingung habis kul perasaan cari yang ini susah, cari yang itu di tolak...
aduhh hrus asah kemampuan yang menjurus dan sesuai dengan kegiatan kita... Thnks all

Balas
avatar

stelah lulus kuliah mendingan nikah gan mantap.....ha...ha.....

Balas
avatar

@obat herbal sama urat: hmmm, trus menyerahkan nasib pada penghulu juga ya gan? hehe...

Balas
avatar

emang, benar. mas. kita harus memperiapkan. rencana untuk kedepan. bukal hal yang mustahil bila kita tidak memikirkan masa depan kita nanti, baik atau tidaknya itu tergantung kita sendiri. terima kasih atas infonya. sangat bermangfaat .

habbatsonline.com|Departement AGH IPB

Balas
avatar

kerja,kerja,kerja,trus nikah
hehe

Balas
avatar

bingung mau buka usaha apa yah?

Balas
avatar

pokonya tujuan yang utama itu bekerja..
dapet uang yang banyak
hehe

Balas
avatar

sya dah kerja... tadinya sii mw ngljutin lagi kuliah,, hehehe

Balas
avatar

pngennya sii kuliah sambil kerja,,, v to kuliah blm ada biaya,, hehe

Balas
avatar

mencari tujuan hidup, kesuksesan dunia dan akhirat

Balas
avatar

ya juga masih bingung kgx tw mau kmna,, hmmmm...

Balas
avatar

Mendingan Wirausaha Gan... Bisanya Rejekinya .. suka ngga diduga2...hehehe
Lam Kenal

Balas
avatar

ada baiknya sebelum menjalankan wirausaha kita belajar dulu dengan cara bekerja pada sebuah perusahaan..karena dengan begitu kita memahami sebuah disiplin dan peraturan

Ngocol publik komplain forum

Balas
avatar

masalahku mirip dengan kasus agan. bingung, setelah sarjana mau ke mana ya? hahahah Mungkin ini salah satu faktor kenapa aku harus kulaih selama 7 tahun :)

Balas
avatar

ayo pada semangat,tentukan pilihan dengan baik :D

Balas
avatar

sebaiknya anak-anak kita diajarin cara mencari uang sambil dia meneruskan kuliah. Pelajaran ini penting untuk bekal hidupnya kelak. Kalau mengandalkan jadi pegawai negeri mungkin itu kurang bijak karena pasti ada keinginan korupsi guna memperkaya diri. Tapi kalau bisa berwirausaha anak-anak kita belajar sportif dan jujur dalam mencari uang. Solusi yang paling mudah adalah Online Marketer.

Balas
avatar

kalo setelah lulus mau kerja jadi karyawan,saya saran ambil S2, invest di waktu dan uang lagi untuk return yang lebih bagus, tapi kalo niat berdagang,langsung berdagang si kalo saran ane gan

Balas
avatar

iya, ini saya lagi kuliah saja sedang mencari pendapatan sendiri demi membanggakan orantua dan keluarga saya. sukses bagi kita semua.

Balas
avatar

tentu saja kerja..cari pendapatan yg bisa membalikan pengeluaran saat kuliah,,
hehe,,thanks. salam kenal

Balas
avatar

artikel nya sangat bagus..
setelah lulus kulliah ya pastinya mau d bawa kerja.!
terimakasih salam kenal.

Balas
avatar

Kuliah seharusnya selain cari ilmu juga cari relasi yg luas, setelah lulus coba buka usaha :D

Balas
avatar

kepelaminan saja,,heheh,,pastinya kerja donkk,

Balas
avatar

cari kerja,,trus kawin.. hehe

Balas
avatar

tetap semangat cari kerja . . .

Balas
avatar

kuliah itu untuk menuntut ilmu, masalah pekerjaan itu harus diusahakan, walaupun nanti tak sesuai dengan ilmu di kuliah.
kerja---> orientasi ibadah, SEMANGAT!!!

Balas
avatar

klo pengalaman kita sih,klo otak sedang2 saja mending langsung cari duit,

Balas
avatar

Berwirausaha membangun sebuah usaha besar dan merekrut karyawan. itu cita-cita saya. semakin banyaknya pengangguran karena lahan pekerjaan yang semakin berkurang.

Balas
avatar

Pengen kerja diperusahaan besar n mencari jodoh....

Balas
avatar

cari duit yg halal bos, salam kenal.

Balas
avatar

lulus kuliah, gw pengen cari kerja di tambang...
syukur syukur di tambang minyak...
hhehehe
abis ntu kawin gan...
sedaaaaaap

Balas
avatar

lulus kuliah gw mau nikah hahaha :)

Balas
avatar

saya pilih no 1,, karena cukup sesuai dgn kriteria jurusan yg saya jalani sekarng...


(my blog is dofollow)

Balas
avatar

Kebetulan kalo ane msh pilih jadi pengangguran Boss...bertahan hidup dengan hasil hobi utak atik blog

Balas
avatar

Sama ma atas ane...msh jadi pengangguran....kerja tetapi tidak sesuai dengan gelar atau bidang akademik Pas Kuliah

Balas
avatar

Menurut aku c berwiraswasta lebih enak...ngga diperbudak oleh orang lain

Balas
avatar

Berwiraswasta saja...ayo...ayo...ayo...Indonesia bisa....he...he....

Balas
avatar

saya cuma berharap akan ada sesuatu yang terbaik yang tuhan rencanakan atas jerih payah saya selama kuliah...

Balas
avatar

salam y gan..dari juragan kambing;0

Balas
avatar

Dibawa enjoy aja dulu gan sambil terus berusaha dan cari-cari peluang yang sesuai skill kita :)

Balas
avatar

Dulu waktu habis kuliah, ga ada pilihan lain. Kerja biar balik modal!!! he...he... Salm kenal!

Balas
avatar

Define Health and Kamar bujanG : pertanyaan seperti ini pernah sy lemparkan kpada kakak kelas sy dlu. cuman bgitu sy yng berada di posisi tersebut, sy juga bingung mw ngapain. kuncinya berusaha dan jngan lupa salat istiqarah klo bimbang akan pilihan. dan alhamdulillah skg sy bisa kuliah di tempat yg layak dan islami | systems health management

Balas
avatar

yang kedua nih bang.. yang lebih menarik dan mandiri

Balas
avatar

kalo setelah lulus mau kerja jadi karyawan,saya saran ambil S2, invest di waktu dan uang lagi untuk return yang lebih bagus, tapi kalo niat berdagang,langsung berdagang si kalo saran ane gan

Balas
avatar

belum ada rencana yang jelas nih..

Balas
avatar

kalo sy cari uang dulu ah...

Balas
avatar

kalo saya bertekad untuk menjadi IM profesional,, ane bru merintis bener2 dr nol.. so kuliah jalan nge-IM juga jalan. jngan terpaku pada lowongan pekerjaan yang menjadi rebutan orang seantero jagad Indonesia. kalo bisa kita menciptakan lapangan kerja sendiri..hehe

Balas
avatar

makasih gan atas infonya ini...
info ini akan sangat berguna sekali bagi mereka yang belum paham kearah mana kaki anda akan melangkah...

Balas
avatar

kita selalu lupa dengan apa yang akan kita lakukan untuk meraih masa depan...makasih atas bocorannya..

Balas
avatar

dibawa ke armada aja gan biar asyik...
bcanda gan...
ia nih bingung mau kemana yach stelah lulus kuliah...tapi thk's setelah baca artikel ini telah ada gambaran sedikit untuk kembail memulai dari awal....

Balas
avatar

yang terpenting banyakin misi aja dulu sekarang,,jadi kita bisa capai dan termotivasi dengan adanya misi itu,,

Balas
avatar

semua orang pasti menginginkan pencapaian yang optimal saat lulus kuliah,,banyakin misi dan biar semangat,,,hehe

Balas
avatar

jd ingat kata2 dosen saya di mata kuliah kewirausahaan.. "setelah kuliah mau apa???"

hhahahaha...

jd ingat lg deh..


trims gan..

Balas
avatar

wah..jadi programmer aja gan

Balas
avatar

lebih enak usaha offlone dan online berimbang 50;50....

Balas
avatar

Terima kasih untuk berbagi wonderfull Anda tetap up

Balas
avatar

hehehe keren artikelnya nih. terkadang org banyak yg bingung mau kemana dan jadi apa nanti stelah lulus kuliah. padahal fakta di luar banyak saingan dlm hal mencari kerja. hmmmmmm sesuatu yg dilematis menurut saya. Thanks for sharing

Balas
avatar

waahh keren neh artikelnya kalo ane pilih berwiraswasta aja lumayan bisa membuka lowongan kerja...

Balas
avatar

pertanayaan yang sering terngiang di kuping para pelajar termasuk sya..

Balas
avatar

banyakin mimpi aja dulu gan,,sebagai modal utama,,soalnya saya belom bisa kuliah,sedang mengumpulkan modal,,hehe

Balas
avatar

Terima kasih atas info yang saya cintai membacanya.

Balas
avatar

bener gan, mending punya usaha sendiri deh.

Balas
avatar

info yang menarik gan...:)
perkenalkan.., saya helmi, dan sekarang kuliah di UII Yogyakarta

Balas
avatar

klo menurut ane awalny kuliah trus kerja,,tapi setelah nyoba usaha kecil2an ane lebih condong ke usaha,,tapi tetep kuliah smpe s3,,kan biasanya orang bilang ngapain kuliah jika bisa mhasilkan uang dr usaha,,mending dibalik,,kenapa harus ga kuliah jika bisa sambil wirausaha.. :)

Balas
avatar

lulus kuliah kerja seadanya dulu, sambil tetap berusaha pindah ke perusahaan lain yg lebih nyaman

Balas
avatar

kayaknya setuju sama komentar di atas, kerja seadanya, terus cari kerja yang lebih baik, kemudian ngumpulin odal buat bisnis, pengennya sih gitu.....

Balas
avatar

Klo aku ga prnah kuliah gan ,, kluar skolah lgsg nyari bisnis yg bagus ..

Balas
avatar

coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang!
Kemana kita selanjutnya

Balas
avatar

misi nya pgn jadi pengajar bos... :)

Balas
avatar

sekarang ini kualiah tidak lagi menjamin,,, mncari kerja tetap saja sulit, banyak juga lho yang kerja tidak sesuai dengan bidang keilmuannya

Balas
avatar

kalau sudah lulus kuliah akan langsung cari kerja atau berwiraswasta...

Balas
avatar

langsung terjun ke internet marketing aja :D

Balas
avatar

kalau ada kesempata melanjutkan ya no problem,,,tapi kalau kesempatan kerja peluangnya bagus ya no roblem..yang mana aja mantap..bila perlu ambil keduanya...

Balas
avatar

setelah lulus masalah soal penghasilan tak akan bisa diatasi sampai kita buat bisnis sendiri, mandiri sendiri...

Balas
avatar

wah bener nih aq pun galau mau kemana setelah lulus kurang lebih 5 atau 12 bln lgi.Semoga Dia memberikan jalan terbaik untukku.

Balas
avatar

Kalo bisa habis lulus kuliah nyari kerjanya yang relevan dengan bidang ilmunya sewaktu kuliah, karena sekarang banyak istilah "sarjana kutu loncat" yang bentar2x loncat pindah kerja dan ndak pernah lama di tempat kerjaannya..mending sebelum lulus kuliah, bekali diri dengan pengetahuan2x yang nantinya diperlukan di dunia kerja seperti kemampuan praktek komputer dan bahasa inggeris...makasih ya mas udah diberikan kesempatan buat sharing.

Balas
avatar

Thanks solusinya mas.

Balas
avatar

mau dibawa kemana.... ke armada aja wkwkwkwkwk

Balas
avatar

belajar itu tidak ada habisnya, bahkan sampai ke liang lahat sekalipun..kembali kepada awal tujuan kita hidup..

Balas
avatar

aku pengan langsung kerja deh :D

Balas
avatar

Berarti intinya harus punya visi dan misi jika kita ingin sukses setelah kuliah.

Balas
avatar

yang di jelaskan mau di terus di lanjutiin kuliah aja

Balas
avatar

iya nih,,, habis kuliah koq malah bingung,,, daripada bingung lebih baik ikutin poin 2, wirausaha..

Balas
avatar

mudah mudahan setelah lulus kami akan nikah dulu ahihihih

Balas
avatar

dari pada wira wiri cari kerja mending wira wiri wirausaha... muantabz...

Balas
avatar

betul-betul ayo kita wari-wiri cari kerja!!

Balas
avatar

ane nyari kerja aja sob...untuk masa depan...

Balas
avatar

Kayanya lebih enak kita berwirausaha pintu rejekinya 9 pintuu wahh mantabbb

Balas
avatar

bisnis aja gann...enakk bisnis uangnya tiap hari ngalirrr

Balas
avatar

Klo ortu sih maunya kerja dulu baru klo udah mapan nikah deh...

Balas
avatar

bener gan hidup itu harus mempunyai tujuan. kalau mempunyai visi & misi yang jelas tentu keinginan/ kesuksesan yang kita inginkan akan kita capai. beda halnya kalau tidak punya tujuan ya mungkin hidupnya semau gue, terombang ambing tak tau arah, sukses enggak, sengsara iya.. :D

Balas
avatar

Planning semuanya dari sekarang, agar jelas "mau dibawa kemana" kehidupan kita kedepan.

Balas
avatar

harus segera menentukan pilihan......

Balas
avatar

ya sudah pasti mending langsung kerja aja deh...tancap....

Balas
avatar

Hidup dengan semangat dan impian.., tetapkan hati untuk berusaha meraihnya..Semangat....

Balas
avatar

Artikelnya bermanfaat, bagus, gk ngebosenin, penuh ide.
saya salut dengan admin blog ini :)
salam kenal :)

Balas
avatar

daripada wira wiri cari kerja mending wira wiri wirausaha...

Balas
avatar

Kalo ane rencana nya wirausaha nih gan....

Balas
avatar

ane mau,berbagi ilmu setelah kuliah,maunya sih buka kursusan,tapi modalnya belum cukup,tapi ane tetap sabar,dan berusaha,thanks gan udah share

Balas
avatar

kalau aq setelah lulus kuliah mau buka usaha sendiri aja

Balas
avatar

makasih bnget tipsnya..kalo saya lebih peka sama yg no 2 kayanya..

Balas
avatar

bener bnget dlm hdup kita mesti punya visi dan misi..janagn sampe kehidupan kita mengalir begitu saja seperti air di sungai..

Balas
avatar

info yang sangat bermanfaat mas
memang ada baiknya perencaan masa depan harus dibangun lebih dini, agar nggak menyesal nantinya

Balas
avatar

info yang sangat menarik gan memang kalau kita tidak punya visi dan misi kapan majunya....

Balas
avatar

Pengin kerja, kumpulin modal, sambil usaha buat penghasilan tambahan. hehehe... salam kenal :)

Balas
avatar

kalau saya nikah... hahaha.. setujuuuuuuuuuuu....

Balas
avatar

pulang kampung gerakkan mudik mbangun deso

Balas
avatar

kerja cari rejeki halal

Balas
avatar

pesan sy buat yg gakdpat2 kerja....jadi entrepreneur satu2nya jalan...

Balas
avatar

yang penting anda menyukai apa yg anda lakukan. yg paling ideal adalah antara minat, background sekolah, dan pekerjaan seimbang/sejalan/sesuai. jika ini terjadi seharusnya kesempatan akan bisa terbuka buat kita

salam,
wahyudi
www.AvailableArticle.com

Balas
avatar

Yang terbaik kalau wirausaha, namun akan sulit jika tidak punya usaha dulu yang dirintis sewaktu kuliah, mungkin usaha turunan dari bapaknya juga bisa, tapi kalau mash kuran PD yang bekerja dulu

Balas
avatar

lebih baik berwirauaha gan :D

Balas
avatar

kunjungan pertama gan lam kenal semua dari juragan buah

Balas
avatar

Terimakasih Infonya
artikel yang bagus,
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Balas
avatar

wah sip tuh... emang harus ada persiapan sejak dini... jangan udah tamat baru bengok-bengok pusing... waktu ga akan nunggu, jadi pergunakan waktu sebaik mungkin...

Balas
avatar

tiya erkadang bingung kalau mau lulus T_T

Balas
avatar

sya mau berwirausaha saja deh..

Balas
avatar

Tapi kalau mau jadi dosen di jurusan yang kita pilih??

Balas
avatar

Kalau ada sedikit modal mending buka usaha kecil-kecilan son, ma kasih

Balas
avatar

pilihan ke 2 lah, mikir usaha ko pake modal,hueheheh itu ga bakal mulai usaha bung!

Balas
avatar

setuju mas..jadi wira usaha saja..kan bisa membantu untuk membuka lapangan pekerjaan salam dari blog Benda Bertuah

Balas
avatar

ya terkadang bingung mau di bawa kemana setelah lulusss,,,

Balas
avatar

tapi orientasi utama kuliah kan untuk mencari ilmu,,,
jika ilmu sudah dapat, pekerjaan pun akan mengikuti..
hheheeee

Balas
avatar

Saya mau nikah dulu hahaha . . .

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 235   Newer›   Newest»

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔