04 May 2010

Hikmah Dari Si "Kunang-Kunang"

Bagi kita tinggal di kota besar yang penuh dengan gedung-gedung tinggi,mall dan nyaris tidak ada hutan alam tentu tidak akan menemukan hewan ini.Sedikit review dari saya tentang "Kunang-kunang" untuk dapat dibagikan kepada rekan-rekan.^_^

Kunang-kunang dapat kita temukan di rawa atau hutan yang basah.tersebar di seluruh dunia dengan banyak jenisnya (lebih kurang ada 2000 jenis).Ini menandakan bahwa hewan ini dapat SURVIVE dimana saja dan dalam kondisi apapun [saluuttt].Cahaya yang dihasilkan hewan ini akan terlihat jelas dalam keadaan gelap.Cahaya tersebut tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah berdasarkan panjang gelombangnya [510 sampai 670 nanometer].Cahaya tanpa panas itu dinamakan Luminescence. Luminescence pada salah satu bagian tubuhnya dihasilkan oleh suatu zat bernama Luciferin.Zat Luciferin ini bereaksi dengan zat-zat sebagai berikut : luciferin, luciferase, ATP, dan oksigen untuk mengeluarkan cahaya dan sedikit sekali yang menjadi panas.teknologi yang tidak tertandingi.Berbeda dengan lampu pijar yang hanya 10% mengubah energi listrik menjadi cahaya selebihnya menjadi energi panas.Bayangkan kalau kunang-kunang ini berkumpul dalam jumlah yang banyak ^_^


Siklus hidup dari kunang ini,setelah terjadi perkawinan,betina akan meletakkan telur-telurnya dibawah permukaan tanah. Telur-telur tersebut akan menetas menjadi larva setelah 3-4 minggu dan akan terus diberi makan hingga musim panas berakhir. Setelah kira-kira 1-2 minggu dari akhir musim panas, larva akan berubah menjadi pupa, kemudian menjadi kunang-kunang dewasa.Perlu kita ketahui,hanya kunang-kunang jantan yang memiliki sayap dan dapat terbang, sedangkan sang betina akan melekat di dedaunan atau di tanah.

Cahaya yang dihasilkan oleh hewan ini memiliki banyak arti untuk hidupnya,diantaranya :
1.untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin

2.sebagai tanda peringatan maksudnya untuk memperingatkan antar-sesama jenisnya akan ada ancaman bahaya dari serangan serangga lain atau burung pemangsa agar tidak memakannya. Sebab, zat pemicu pembentukan cahaya kunang-kunang berasa pahit. Kalaupun ada serangga pemangsa yang nekad, mereka biasanya memakan tubuh kunang-kunang dari bagian kepala, terus hingga ke bagian belakang, kecuali bagian perut yang tidak dimakannya.



46 comments:

  1. binatang yang unik terutama dimalam hari... sungguh maha hebat Tuhan dengan segala ciptaanNya

    ReplyDelete
  2. benar sekali mas ^_^,teknologi cahaya yang dimilikinya pun belum tertandingi

    ReplyDelete
  3. ternyata kunang-kunang punya hikmahnya juga ya sob..
    sering tu kalau dikampung malam-malam hari kami bermain dengan kuanng-kunang sewaktu kecil.. hehe jadi ingat masa2 kecil nich sob..

    ReplyDelete
  4. bener banget sobat....di kota emang jarang banget binatang ini....sayang sekali..anak-anak sekarang tidak menyadari ada binatang mempesona dimalam hari...

    ReplyDelete
  5. semangat selalu sobat untuk berbagi ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  6. Coba datang ke Padang, Masih banyak koq...

    ReplyDelete
  7. @all : terimah kasih buat masukannya y ^_^

    ReplyDelete
  8. IMT – CDL is pioneers in DLP Management Programs with over 55000 students enrolled. IMT-CDL programs are ideally suited for Working Executives for career gworth and the PCP`s are on Weekends only. Min. Qualification: Graduate, For details, Please call Aashima (+91-9910666222) or Amit (+91-9213128288) or visit the centre at IMT – CDL Study Sentre, A-12, Sector 17, Noida – 201301, Phone : 0120-2512000, 0120-4226000

    IMT-CDL offers following programmes:
    Post Graduate Program in Management (Two Year) – Master Level
    Post Graduate Diploma Program in (One Year)
    • Business Administration
    • Marketing Management
    • Export Management
    • Financial Management
    • Material and Supply Chain Management
    • Human Resource Management
    • Retail Management
    • Insurance Management
    • Taxation
    One Year Specializations Diploma in Cyber Security by Ankit Fadia
    For Admissions Queries: Call : +91-9910666222

    ReplyDelete
  9. udah lama ngga liat kunang2....

    ReplyDelete
  10. hewan yang inspiratif, dan mengesankan, andani mansuia meniru kunang kunag dalam hal teknologi, manusia dapat menghemat penggunaan sumberdaya alam seperi gas alam, minyak bumi, dan batu bara. dan mengurangi dampak perusakan lingkungan. tangks infonya gan Ulum

    ReplyDelete
  11. Terakhir liat kunang2 waktu masih SD...

    ReplyDelete
  12. subhanallah,..
    emang dah semuanya tak lepas dr hikmah tuhan,.
    thanks.

    ReplyDelete
  13. mereka binatang cantik dengan teknologi yang hebat, sungguh.
    tapi sekarang sudah sangat sulit kita menemukannya, menarik sepertinya kalau melakukan riset tentang mereka... banyak hal yang lua biasa.

    ReplyDelete
  14. ciptaan Allah sekecil apapun diciptakan untuk menunjukkan kebesaran-Nya

    ReplyDelete
  15. binatang yang istimewa nich,,

    ReplyDelete
  16. jadi kepingin lihat kunang-kunang nich

    ReplyDelete
  17. Mampir nich...
    menarik sekali blog anda, dan saya sangat suka..
    Salam....
    oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  18. wah ternyata ada maknanya jug adibalik ternganya kunang-kunang tersebut....
    thanks ya dah share informasi..

    ReplyDelete
  19. hmmm thanks ya sekarang saya jadi tahu dech,,,,
    selain cahayanya yang indah ternyata mengandung makna nya juga...

    ReplyDelete
  20. subhanallah,, sungguh besar ciptaan Allah.

    ReplyDelete
  21. waduh.... dah lama banget bsaya gx liat kunang2... d liat dari gambar sii biasa z,, v d liat pada malm hari wiss indahnye....

    ReplyDelete
  22. Nyari kunang2 sekarang udah susah ! Mungkin karena kunang2 takut sama PLN he he

    ReplyDelete
  23. Kunang2 mo kawin nyalain lampu, kalo manusia mo "kawin" pasti matiin lampu..

    ReplyDelete
  24. ada hikmah dri setiap ciptaan alloh..
    dari mahkluk kecil ini semoga kita dapat pelajaran untuk mjalani hidup yg baik

    ReplyDelete
  25. Semua yang ALLAH ciptakan memiliki tujuan.

    ReplyDelete
  26. mungkin para ilmuan juga sedang meneliti...agar kelak lampu kita ini diganti dengan cahaya yang dikeluarkan oleh kunang2

    ReplyDelete
  27. sekarang didekat rumahku kunang2 sudah jarang ditemui...mengapa mereka sekarang sangat sukar untuk ditemui???

    ReplyDelete
  28. kok kunang2 yang betina gx ada sayapnya kasihan si kunang2 betina tidak bisa terbang dech...

    ReplyDelete
  29. saya sudah jarang sekali melihat hewan ini....

    ReplyDelete
  30. cahaya kunang-kunng itu sangat indah..
    apa lagi jika dalam jumlah banyak..
    namun sayang sekarang jarang sekali di temukan..
    apa lagi di kota-kota besar.

    ReplyDelete
  31. semoga populasi kunang-kunang di indonesia tidak akan punah karena berkembang nya pembangunan yang ada di indonesia.

    ReplyDelete
  32. berarti kasian juga yah kunang-kunang betina itu soal nya ga punya sayap..
    tapi tetep punya cahaya kan bro?

    ReplyDelete
  33. kunang kunang di desa ku di sebut juga kukunya setan
    benr ga sih ??

    ReplyDelete
  34. Subhanalloh, memang tidak ada pencipta yang paling sempurna kecuali Alloh SWT, Alloh Maha Segalanya,

    ReplyDelete
  35. segalanya memang berasal dari alam, alam menyediakan segala apa yang kita butuhkan. tinggal kita mau enggak mempelajarinya.

    ReplyDelete
  36. alloh menciptakan apapun itu ada manfaatnya .:)

    ReplyDelete
  37. jadi pengen liat kunang kunang ,, heheh

    ReplyDelete
  38. uda ada PLN

    jadi kunang kunangnya ga ada

    ReplyDelete
  39. yang betina ga bisa terbang dong mas ,,, huhuhub kasihan

    ReplyDelete
  40. udah lama ga liat kunang kunang..
    sekarang kunang kunang nya sudah tergantikan dengan lampu si*nyoku..:D

    ReplyDelete
  41. sudah jarang sekali kunang-kunang di derah saya bahkan nyaris gx ada

    ReplyDelete

NB :
- Terima kasih kami sampaikan atas kunjungan dan komentar positif yang diberikan untuk postingan ini
- Pastikan anda memberikan komentar atau kritik positif,yang tujuannya tentu untuk peningkatan kualitas postingan web ini. Komentar bernada SARA tidak akan kami tampilkan. Atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih ^_^